Review Super Asu vs Little Cunt

Cover Komik
Maskulin vs Feminin

Komik karangan K. Jati ini diikutsertakan dalam Festival Komik Fotokopi yang diselenggarakan pada Bienalle Yogyakarta tahun 2013 yang lalu. Sebagai peserta dalam Festival Komik Fotokopi, format komik ini adalah dalam bentuk hitam putih seperti halnya komik fotokopian. Menggunakan kertas HVS A4 yang dibagi dua dan dijilid sebanyak 34 halaman.

Super Asu vs Little Cunt merupakan seri Radical Comic volume 2.5. Seri Radical Comic ini tidak diedarkan secara umum. Festival Komik Fotokopi adalah salah satu wahana selain menggunakan japri untuk mendapatkan komik ini.

Isi Super Asu
Kekuatan boleh super, tapi kostum tetap cotton combed

Sebagai bagian dari Radical Comic, Super Asu vs Little Cunt mengangkat isu yang biasa dengan penyajian yang tidak biasa. Tema yang ditampilkan adalah anti hero, yang alih alih membela kebenaran, malah memeras pelajar dan menelanjangi tokoh lawan yang digambarkan sebagai tokoh yang baik, yaitu Little Cunt.

Anda akan banyak menjumpai sumpah serapah dan juga alat kelamin bertebaran di komik ini, disamping aksi kekerasan yang brutal dan sadis ditambah fan service saat Super Asu menelanjangi Little Cunt. Alur ceritanya sederhana, sang tokoh utama mengeluh pada perannya sebagai super hero akhirnya memutuskan untuk memalak pelajar yang sedang tawuran. Di tengah aksinya dihadang oleh Little Cunt. Pertempuran tak seimbang pun tak terelakkan. Little Cunt yang sangat kuat melawan Super Asu yang mesum namun berhasil menarik perhatian media massa dengan aksinya merobek-robek kostum Little Cunt.

K. Jati membubuhkan aksen Jawa pada komik ini dengan penamaan, umpatan, dan juga sound effect berbahasa Jawa. Namun, keunggulan dari komik ini adalah penggunaan bahasa Jawa umumnya dan seperti yang kita tahu, masyarakat Indonesia sudah familiar dengan umpatan-umpatan berbahasa Jawa, sehingga komik ini terbilang bisa dinikmati oleh khalayak Indonesia.

Super Asu vs Little Cunt tidak akan bisa ditemukan di toko-toko buku. Komik ini bisa diminta pada sang pengarang dengan mengganti ongkos fotokopi dan ongkos kirim*

(*) kalau si pengarang masih mau ngopiin komiknya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s