Life is Sequential

Stiker dari komik antologi "Hujan"
Stiker dari komik antologi “Hujan

Pada suatu masa, sewaktu kita melihat suatu fenomena yang baru saja terjadi, terkadang kita terheran-heran. Seolah kita berada di atas fenomena tersebut dan ketika kita melihat ke bawah, cibiran terbersit dalam benak kita (walau kadang kita enggan mengakuinya).

Pada masa yang lain, kita menjadi bagian dari suatu fenomena yang kemudian menjadi buah bibir di masyarakat. Ada yang dengan terbuka mengakui, ada yang menyangkal habis-habisan.

Saya sering menjumpai hal tersebut di media sosial. Saya menyebutnya : Semua itu ada masanya(*). Sebagai contoh, kita sedikit banyak pernah menggunakan bahasa slang, prokem, alay, dan sebagainya dengan kadar yang berbeda-beda. Di sisi lain, ketika ada fenomena kecanduan media sosial, mungkin beberapa di antara kita menyangkal (tapi tiap hari berstatus di Facebook).

Semua itu ada masanya. Seperti halnya saat ini hal-hal berbau ’80 dan ’90an sedang gandrung, mungkin sepuluh atau dua puluh tahun lagi, hal-hal berbau ’14 an akan ramai dibicarakan.

Slogan yang saya buat itu mungkin bahasa gaulnya Life is Sequential.

Hal di atas menjadi analogi dari berbagai peristiwa hidup yang saya alami. Kadang saya senang, bahagia, gembira atas sesuatu hal. Misalnya ketemu teman lama, bisa memecahkan masalah bersama tim kerja, atau gembira karena bisa tamasya. Di momen lain, saya mengalami stres karena pekerjaan, tugas, dan sebagainya. Saya selalu ingat, kebahagiaan dan juga kesedihan itu takkan berlangsung lama. Setelah masanya berlalu, akan hadir masa yang berbeda.

Ada yang menganalogikan hidup itu seperti roda: kadang di atas, kadang di bawah.

Bisa juga diartikan demikian. Tapi ya semua itu ada masanya.

P.S.: ilustrasi diambil dari stiker bonus dari komik antologi “Hujan” karya Disko Komik dari Forum Komik Yogyakarta. Beli ya!

Leave a Reply

